Thursday, September 25, 2014

Wisata Taman Suranadi Lombok Yang Menarik Hati

Kawasan wisata Suranadi merupakan bagian dari hutan Wisata di daerah mataram yang sejuk dengan banyak menyuguhkan kekayaan alam dan budaya khas Lombok, berjarak sekitar 17 km dari kota Mataram, dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam dari bandara International Lombok, Di mulai dari saat memasuki gerbang selamat datang, kita dapat merasakan segarnya udara dari hutan berikut dapat melihat penghuni khas hutan tropis, yaitu kera ekor panjang yang cukup jinak. Kemudian di sekitar tempat parkir banyak pilihan warung lesehan yang menyajikan kuliner khas Lombok, khususnya yang harus kita coba adalah sate bulayaknya, kemudian ada juga rujak terasi, pecel dan aneka kuliner lainnya.


Tapi sebelum menikmati aneka kulinernya, pengunjung sebaiknya menikmati wisata alam pada kawasan ini yang banyak terdapat sumber mata air yang sangat bersih dan menyegarkan kita, berupa kolam dan pancuran yang memiliki nilai sejarah dan spiritual. Terdapatnya lima buah pancuran yang mata airnya bersumber dari gunung Rinjani, yang menurut legenda setempat pada jaman penyebaran agama Hindu di Indonesia dulu, empat dari lima pancuran ini di buat oleh tokoh penyebar Hindu yang berasal dari India yang bernama Dang Hyang Nirlata. Kelima pancuran itupun mempunyai nama masing masingnya, Yang pertama di sebut Tirta Tabah : tirta yang di gunakan untuk upacara Ngabendi kenal juga dengan Toya Penembak, kemudian pancuran kedua di sebut tirta pembersihan merupakan tirta yang di gunakan untuk memandikan jenzah, selanjutnya yang ketiga di sebut tirta pengentas di gunakan untuk memandikan jenasah sebelum di makamkan atau di abenkan, yangang keempat di sebut tirta penglukatan, yang di gunakan untuk pembersihan diri dan yang kelima di sebut pathirtaan.


Mengenai Pura yang terdapat di kawasan ini memiliki tiga komplek, yaitu : yang pertama adalah Pura Gaduh atau Ulon, terletak di ujung timurberbatasan langsung dengan hutan lindung. Kemudian Pura Pengentas, terletak  beberapa meter di arah barat dari Pura Ulon . Selanjutnya Pura Pembersihan yang terletak sekita dua ratus meter dari pura ulon. Untuk pengunjung yang ingin berenang, di kawasan ini juga terdapat satu kolam pemandian yang di pisah pagar tembok menjadi dua bagian, untuk bagian timur yang merupakan kolam sumber mata air, di khususkan untuk umat Hindu, karena area tersebut di sakralkan. Cara melakukan pemandiannyapun dengan suatu upacara khusus dengan hanya menggunakan kain putih saja. Umat Hindu percaya dengan melakukan upacara pemandian tersebut maka mereka akan mendapatkan kehidupan baru atau “Suranadi” Sedangkan kolam bagian sebaliknya bisa di nikmati oleh semua pengunjung.


Dan setelah kita segar menikmati wisata alam di suranadi ini barulah kita menikmati sajian kulinernya dan akan lebih sempurna lagi membeli jajan oleh oleh khas daerah ini yaitu dodol nangka dan dodol buah lainnya. Jadi berwisata di kawasan wisata Suranadi ini, para wisatawan akan mendapatkan kepuasan lahir bathin, karena selain menikmati alam, kuliner  dan budaya, pengunjung juga bisa berwisata religi di sini.

Untuk dapat lebih mudah dalam menikmati wisata di suranadi ini kami, Lombok Tour Plus siap membantu anda, hubungi kami di 0370-7027587

No comments:

Post a Comment