Sunday, September 28, 2014

Pantai Kuta Lombok Yang Mengesankan


Pantai kuta terletak di desa kuta kabupaten Lombok Tengah, sekitar 1 jam perjalanan dari kota mataram. Pantai kuta ini memiliki panorama dan keindahan laut yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Dengan ombak yang cukup bagus untuk berselancar, keragaman keindahan kehidupan biota laut yang dapat kita nikmati dengan bersnorkling  ataupun menyelam Selain itu di sekitar pantai di kelilingi deretan bukit yang akan sangat indah di pagi hari. Yang terunik dari pantai ini adalah pasir putihnya yang berupa butiran seprti butiran merica terhampar luas di sekitar pantai, sangat baik untuk kesehatan dengan berjalan tanpa menggunakan alas kaki, yaitu memperlancar perderaran darah kita.

Dan yang lebih menarik lagi dari pasir ini di anggap sebagai sarang Nyale (sejenis cacing laut) yang banyak terdapat di pantai kuta ini. Keberadaan Nyale ini berkaitan dengan dongeng setempat yang masih di percaya hingga sekarang dengan perayaan yang di sebut Bau Nyale ( berburu cacing Laut). Menurut dongeng tersebut, di kisahkan dari seorang Putri Kerajaan berambut panjang yang bernama Putri Mandalika yang bunuh diri dengan terjun ke laut ini dan rambutnya inilah yang di percaya menjelma menjadi Nyale.

Selama menikmati pantai ini pengunjung akan di layani oleh pedagang pedagang asongan yang menawarkan cinderamata khas daerah Lombok. Selain itu, di sebelah timur area pantai ini juga terdapat hutan bakau yang sangat menarik untuk pengunjung kunjungi dengan berlayar menggunakan perahu kayu sederhana yang banyak terdapat di sekitar pantai. Untuk akomodasi di daerah ini cukup lengkap dengan penginapan dari hotel melati hingga hotel bberbintang.

No comments:

Post a Comment

Wisata Lombok