Thursday, October 2, 2014

Wisata Taman Kerajaan Karang Asem di Narmada

Adalah taman Narmada terletak di desa Lembuak Kecamatan Narmada, berjarak sekitar 10 kilometer dari kota mataram ke arah timur atau dari Bandara International Lombok sekitar 25 kilometer.


Yang mana ketika kita memasuki Taman ini seolah olah kita berada pada jaman Kerajaan, karena taman ini berasitektur banguan berupa candi candi dengan pahatan dan dekorasinya yang selayaknya sebuah kerajaan. Di lengkapi dengan tempat istirahat semacam pondokan atau dalam bahasa setempat di sebut ‘Berugak’, dan juga hamparan taman yang berisi pepohonan dan bunga yang asri, serta kolam yang bersumber dari Mata air Gunung Rinjani, yang mana mata air tersebut di buatkan tempat khusus untuk para wisatawan dan penduduk setempat pada khususnya yang memiliki kepercayaan mata air tersebut dapat membuat orang yang membasuh muka dan atau meminumnya  akan awet Muda, karena itulah taman Narmada di kenal juga dengan taman mata air awet Muda.Selain memang taman ini merupakan peninggalan Raja dari Kerajaan Karang Asem yaitu Raja Anak Agung Karang Asem, yang di gunakan sebagai tempat peristirahatan dan permandian Raja dan pengikutnya.

Selain itu juga taman ini terdapat sebuah Pura Hindu yang khusus di gunakan sebagai tempat upacara yang disebut Pekelem, merupakan upacara yang di lakukan pada bulan purnama kelima oleh umat Hindu, selain juga pada hari hari Raya umat Hindu, dan upaca Piodalan Pura tersebut ( hari di peringatinya di bangunnya pura )

Setiap lokasi pada taman ini memiliki nama nama tersendiri yaitu :
1.       Jabalkap sebutan untuk daerah Telaga kembar dan gapura gelang
2.       Mukedes sebutan untu tempat yang terdapat bangunan Pura / Sanggah
3.       Pasarean, sebutan untuk lokasi telaga padmawangi, balai Loji dan balai terang
4.       Balai petirtaan sebutan untu lokasi pertemuan 3 sumber mata air ( mata air awet muda )
Bangunan lainnya di komplek Taman Naramada ini juga ada yang di sebut dengan Taman Anyar dan Taman Kelasa yang saat ini sudah menjadi perkampungan penduduk sekitar, sedangkan saat ini yang telah menjadi kebun buah buahan dengan buah utamanya adalah pohon manggis di sebut Taman Peresak.
Jadi mari, bersama kami Lombok Tour Plus, siap memberikan kemudahan dan kenyaman berwisata anda. Hubungi kami segera di 0370-7027587

No comments:

Post a Comment